Kamis, 18 Februari 2016

CARA MEMPERBAIKI SETRIKA


Pada umumnya bagian-bagian seterika listrik yang mudah rusak antara lain:
- Elemen pemanas,
- Kabel
- Termostat
 Langkah awal cara perbaikannya adalah :

1. Pemeriksaan pada kabel dan striker jack, Gunakan multimeter, pada skala Rx1k. Ukurlah pada ujung kabel dari strikr jack nya ,dengan multimeter. dan pengatur panas seterika diputar. Jika multimeter menunjukkan nilai tertentu, berarti rangkaian terkoneksi, tetapi jika multimeter tidak menunjukkan nilai tertentu hingga beberapa kilo ohm, berarti ada sesuatu yang ga beres pada instalasi nya ,rangkaian arus terputus. Harus terjadi rangkaian tersambung, jika pengatur panas seterika diputarkan.
2. Pemeriksaan hubungan Singkat, Gunakan multy meter, pada skala Rx1. Pada striker jek Ukurlah antara salah satu ujung-ujung colok kontak dengan bodi Setrika. Jika multimeter tidak bergerak atau tidak menunjukkan nilai tertentu, berarti tidak terjadi hubung singkat , tetapi jika multimeter menunjukkan harga tertentu, berarti terjadi kontak dengan badan Setrika. Seterika harus dibongkar untuk meneliti penyebab terjadinya hubung singkat tersebut.

 Langkah berikutnya ,;
 Apabila seterika tidak bekerja kemungkinan penyebabnya adalah
a. Tidak ada tegangan, periksalah kabel power, steker jek, dan Stop kontak.
b. Periksa kabel; jika rusak gantilah.
c. Kontrol juga Elemen nya, periksa dengan multimeter; jika tak menunjukan angka tertentu artinya elemen "rusak',solusinya gantilah.
d. Amati Termostat apakah lepas kontak, Periksa mekanisme kontak;( jarang terjadi rusak).sering kali terjadi kasus hanya kotor saja .langkahnya amplas saja biar koneksinya bagus lagi.

 Itu saja.. Langkah2 mbenerin Setrika Selamat mencoba semoga berhasil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar